Sabtu, 04 Juni 2011

Orang Berbudaya Cenderung Lebih Bahagia

Okezone.com
PARIS - Orang yang sering pergi ke museum, pertunjukan seni atau berkesenian cenderung lebih menikmati hidup, tidak peduli seberapa kaya atau tingginya pendidikan mereka, ungkap sebuah penelitian terbaru.

Akan tetapi studi yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health ini menunjukkan kalau hubungan antara berkebudayaan dengan perasaan senang tidak sama untuk kedua jenis kelamin. Demikian seperti yang dikutip dari AFP, Rabu (25/5/2011).

Untuk pria, aktivitas seperti menonton konser atau datang ke eksibisi di musium berhubungan dengan mood baik dan kesehatan yang lebih baik. Akan tetapi untuk wanita justru kebalikannya, mereka berkesenian justru ketika sedang merasa depresi atau kurang baik.

Penelitian yang dipimpin oleh Koenraad Cuypers dari Norwegian University of Science and Technology, menganalisis informasi dari 50.797 orang dewasa yang tinggal di Nord-Trondelag County, Norwegia. Para partisipan diberikan pertanyaan mengenai kebiasaan waktu senggang mereka dan kesehatan serta tingkat kepuasan hidup mereka.

Hasil penelitian tersebut juga menyatakan bahwa pria cenderung lebih menikmati ketika menjadi penonton, sementara wanita lebih suka menjadi pelaku seni ketimbang penikmat seni.

"Melalui penelitian ini, kita tahu bahwa berkesenian berpengaruh terhadap tingkat kesehatan dan mood," pungkas studi tersebut.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grocery Coupons